Selasa, 21 November 2017

Film Terlarang - Indonesia adalah salah satu negara yang sangat ketat dalam menyaring film-film yang boleh tayang di bioskop. Bukan hanya film luar, film lokal pun pernah menjadi ” korban “ sehingga film tersebut tidak boleh tayang di bioskop-bioskop Indonesia.

Ada beberapa alasan, kenapa sampai beberapa film ini tidak diperbolehkan tayang di Indonesia, mulai dari adanya unsur kekerasan yang dianggap berlebihan, hingga adanya unsur SARA yang bisa menyinggung ras, agama, dan golongan tertentu. Berikut beberapa film yang pernah dilarang tayang di Indonesia.


True Lies (1994)



Film Hollywood berjudul ” True Lies “ yang rilis pada tahun 1994 silam ini memiliki syarat untuk dianggap sebagai salah satu film action terbaik pada masanya. Hal ini dikarenakan, film ini dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, yang pada masa itu namanya begitu populer.

Tapi, film yang disutradarai oleh James Cameron ini tidak diperbolehkan tayang di Indonesia. Sebab, karakter teroris dalam film ini digambarkan sebagai orang Arab, yang ditakutkan akan muncul prasangka bahwa aksi terorisme itu identik dengan orang Arab dan Islam.


Irreversible (2002)


Film yang disutradarai oleh Gaspar Noe ini juga tidak akan pernah kamu temukan di bioskop-bioskop Indonesia. Film yang rilis pada tahun 2002 silam ini masuk ke daftar film yang dilarang tayang di Indonesia karena adanya adegan pemerkosaan yang dianggap terlalu sadis dan brutal.

Dalam film ini, ada adegan pemeran utama wanita yang diperkosa dan dianiaya secara brutal hingga tidak berdaya. Oleh karena itu, beberapa negara melarang pemutaran film tersebut, salah satunya Indonesia dan Selandia Baru.



Pocong (2006)


film lokal pun pernah merasakan tidak diperbolehkan tayang di bioskop-bioskop Indonesia, salah satunya yaitu film horor berjudul ” Pocong “ yang rilis pada tahun 2006 silam, karya sutradara Rudi Soedjarwo.

Film ini gagal mendapatkan sertifikat tayang di Indonesia dari lembaga sensor film (LSF) bukan hanya karena menunjukan adegan horor sadis, yang bisa diikuti penonton untuk melakukan kejahatan.

Tapi yang lebih ” kontroversi “ lagi adalah film ini dianggap bisa membuka luka lama tentang kerusuhan 98, menyinggung unsur SARA, adegan pemerkosaan yang sangat brutal, dan masih banyak adegan-adegan sensitif lainnya.


Noah (2014)


Film yang dilarang tayang di Indonesia selanjutnya yaitu Noah. Sudah menjadi rahasia umum, film luar yang mengangkat tema agama memang sangat sulit sekali untuk mendapat persetujuan tayang di bioskop-bioskop di Indonesia, salah satunya yaitu film Noah.

Film yang disutradarai oleh Darren Aronofsky ini tidak diperbolehkan tayang di bioskop-bioskop tanah air, karena mengisahkan tentang Nabi Nuh yang dianggap tidak sesuai atau membelot dari ajaran yang sebenarnya.


Fifty Shades of Grey


Film ” Fifty Shades of Grey “ adalah salah satu film yang dilarang tayang di Indonesia, karena dalam film tersebut banyak sekali terdapat adegan seksual yang sangat vulgar dan terkesan begitu sadis.

Film yang disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson ini diadaptasi dari novel dengan judul sama karya E.L James. Ketika diumumkan, kalau novel ini akan dibuatkan film layar lebar, sudah banyak yang penasaran seperti apa jadinya.

Dan kini, ada beberapa negara yang juga melarang film ini tayang di bioskop selain Indonesia, salah satunya adalah negara tetangga kita Malaysia dengan alasan yang sama yaitu terlalu vulgar dan banyak adegan seksual yang terkesan sadis.


Baca Juga :

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Hobi Menang BandarQ - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -